10 Gerakan Tangan Khas Italia yang Sering Digunakan oleh Penduduk Lokal

Apakah Anda siap menjadi orang Italia sejati? 🤌

10 Gerakan Tangan Khas Italia yang Sering Digunakan oleh Penduduk Lokal

Gerakan tangan Italia dianggap sebagai inti dari bahasa Italia. Anda sebenarnya tidak berbicara bahasa Italia jika Anda tidak menggunakan tangan Anda juga. Itulah mengapa siapa pun yang ingin berbicara bahasa Italia seperti un italiano vero harus melampaui tanda ‘dompet jari’ terkenal. Orang Italia dan gerakan tangan seperti mozzarella dan pizza, dan Anda juga seharusnya.

Sebagai contoh, tahukah Anda bahwa orang Italia menggunakan sekitar 250 gerakan tangan setiap hari? Dan tidak, itu bukan kesalahan pengetikan. Tangan orang Italia tidak suka diam. Namun, hanya beberapa (kedip) dari ini yang penting untuk sebagian besar percakapan bahasa Italia. Dan meskipun itu tidak sepenuhnya benar, banyak tabel online menggabungkan bersama-sama gerakan populer dan yang kurang dikenal. Untuk alasan ini, saya mengambil tanggung jawab untuk membuat 10 gerakan tangan Italia paling populer yang sebenarnya – sebuah daftar yang hanya mencakup tanda atau gerakan yang sering digunakan oleh orang Italia.

Makna dan Penggunaan Gerakan Tangan Italia

Gerakan tangan Italia berikut adalah kunci untuk lebih memahami bahasa Italia sehari-hari. Untuk membantu Anda memahami sepenuhnya maknanya, saya juga menyertakan asal-usulnya dan konteks yang tepat di mana mereka seharusnya digunakan. Mari kita mulai dengan gerakan yang paling tidak populer dan naik ke gerakan paling populer.

10. Gerakan “Apakah kamu takut?”

Gerakan ini mirip dengan gerakan ‘dompet jari’ yang lebih populer, tetapi semua lima jari harus dibuka dan ditutup secara berulang-ulang.

Cara melakukannya: Regangkan ujung jari Anda dan kumpulkan mereka untuk membentuk kerucut pinus. Kemudian pertahankan tangan Anda tetap dalam posisi kerucut pinus sambil membuka dan menutup jari-jari Anda secara berulang dalam posisi kerucut pinus tersebut.

are you afraid italian gesture
‘Are you afraid?’

Kapan Melakukannya: Saat Anda menantang seseorang untuk melakukan sesuatu yang berbahaya atau saat seseorang takut melakukan sesuatu dan Anda ingin menggoda mereka.

Apa yang Dikatakan: Paura, eh? (“Kamu takut, kan?”); Hai paura?/Hai strizza? (“Apakah kamu takut?”)

Asal-Usul: Ironisnya, teori paling umum bisa dianggap tidak pantas dan saya tidak akan mengungkapkannya di sini. Google adalah tempat yang besar, tentu Anda akan bisa menemukannya 🤭.

9. Gerakan “pencurian”

Cara Melakukannya: Turunkan telapak tangan dan gerakkan semua jari Anda ke arah telapak tangan, dimulai dari jari kelingking dan selesai dengan jari telunjuk sambil juga perlahan-lahan menggerakkan pergelangan tangan.

stealing sign
The ‘stealing’ gesture.

Kapan Melakukannya: Saat Anda ingin memberi tahu seorang teman bahwa Anda ingin mencuri sesuatu (tidak secara harfiah, mungkin hanya sebatang kue dari toples!) atau Anda ingin menunjukkan bahwa seseorang mencuri atau mengambil sesuatu.

Apa yang Dikatakan: Sebenarnya tidak ada yang dikatakan. Anda tidak ingin tertangkap! Ini mungkin satu-satunya gerakan tangan Italia yang tidak perlu disertai dengan ekspresi.

Asal-Usul: Gerakan ini melambangkan sesuatu yang ‘menghilang secara ajaib’.

8. Gerakan “Aku tidak tahan denganmu”

Cara Melakukannya: Letakkan telapak tangan datar dan lengan bawah secara horizontal di perut Anda.

i can't stand you italian gesture
The ‘I can’t stand you’ gesture

Kapan Melakukannya: Saat Anda tidak tahan dengan orang yang sedang Anda bicarai atau orang ketiga yang Anda bicarakan. Ini sebenarnya cukup lucu dan tidak selalu merupakan tanda yang kasar.

Apa yang Dikatakan: Mi stai qui (secara harfiah “Kamu ada di sini”, secara kiasan “Aku tidak tahan denganmu”)

Asal-Usul: Gerakan ini menunjukkan bagian yang sangat spesifik dari tubuh Anda yang berada di atas perut Anda dan biasanya disertai dengan frase “kamu/dia ada di sini”. Ini berarti bahwa Anda tidak dapat “mencerna” orang tersebut, sama seperti Anda tidak dapat mencerna makanan yang ditolak oleh tubuh Anda atau yang tidak Anda sukai.

7. Gerakan “Oh, tolong!” (gerakan ‘sujud’)

Italia adalah negara yang sangat beragama dan gerakan umum adalah dengan menggabungkan kedua tangan Anda seolah-olah Anda sedang berdoa. Ini dapat mengkomunikasikan harapan untuk sesuatu terjadi atau keinginan Anda untuk melakukan sesuatu atau menghentikan sesuatu.

Cara Melakukannya: Gabungkan tangan Anda. Jika tangan dan lengan Anda tetap diam, itu berarti Anda berharap sesuatu yang baik akan terjadi atau Anda meminta sesuatu kepada seseorang (memohon). Jika Anda menggerakkan lengan Anda sambil tetap menggabungkan tangan dalam posisi ini, artinya masih “tolong” tetapi dalam arti ironis “oh, tolong/ayo/hentikan itu”. Ini mengungkapkan ketidaksetujuan atau kekecewaan dalam situasi tersebut.

prayer clasp
The ‘prayer clasp’.

Apa yang Dikatakan: Ti prego! (“Oh, tolong!”), Ma dai! (“Ayo!”), Ma fammi il piacere! (“Seriuslah!”)

Asal-Usul: Anda pada dasarnya sedang berdoa atau berharap agar sesuatu terjadi atau seseorang berhenti melakukan sesuatu. Ini adalah gerakan yang sangat umum. Kata ‘please’ dalam bahasa Italia diterjemahkan dengan (ti) prego yang secara harfiah berarti “Aku berdoa”.

6. Gerakan “Aku tidak tahu” dengan tangan

Cara Melakukannya: Buka lengan Anda dan tunjukkan kedua telapak tangan biasanya sambil juga mengangkat bahu Anda.

i don't know italian gesture
The ‘I don’t know’ gesture

Kapan Melakukannya: Saat Anda ingin menyatakan bahwa apa pun yang terjadi bukan salah Anda, bukan urusan Anda, atau sederhananya Anda tidak tahu apa-apa tentang hal itu.

Apa yang Dikatakan: Io non c’entro (niente), boh! (“Saya tidak ada hubungannya dengan itu!”), Io non ne so niente! (“Saya tidak tahu apa-apa!”), Non lo so (“Saya tidak tahu”), E che ne so io? (“Apa yang saya tahu?”)

Asal-Usul: Menunjukkan telapak tangan kedua tangan melambangkan seseorang yang tidak memiliki apa-apa untuk disembunyikan.

5. Lengan yang terulur

Ini adalah gerakan yang cukup umum di antara pengemudi marah dan pemain sepak bola.

Cara Melakukannya: Regangkan lengan Anda di depan Anda (dan sedikit ke samping) dengan telapak tangan menghadap ke atas dan jari-jari sejajar secara vertikal. Anda bisa membiarkannya tetap diam atau (dan ini adalah variasi yang lebih umum) dengan cepat memutarnya sekitar 45 hingga 90 derajat searah jarum jam hingga tangan hampir berada di atas kepala Anda.

outstretched arm
The ‘angry football player’

Kapan Melakukannya: Gerakan ini pada dasarnya berarti “pergi!” atau “pergi jauh!”. Meskipun dapat digunakan dengan cara kasar tergantung pada apa yang Anda katakan, itu tidak selalu merupakan gerakan yang menghina. Jika digunakan untuk bercanda di antara teman-teman, itu berarti sesuatu seperti “ayo, saya tidak percaya padamu!”.

Apa yang Dikatakan: Ma va là! (secara harfiah “pergi sana!”, tetapi sebenarnya berarti “pergi jauh!”), Ma vattene/Ma va via va (“Pergi dari sini!”)

Asal-Usul: Kita tidak dapat tahu dengan pasti, tetapi ini mungkin mengacu pada arah yang tidak ditentukan di mana Anda ingin orang yang berbicara dengan Anda pergi (sehingga dia akan meninggalkan Anda sendiri).

4. Gerakan “Saya tidak peduli” (gerakan ‘menggerakkan dagu’)

Gerakan ini umumnya berarti “pergi jauh” di Italia bagian Utara, sedangkan di Italia bagian Selatan itu berarti “tidak”.

Cara Melakukannya: Ratakan semua jari-jari Anda dengan telapak tangan menghadap tubuh Anda dan gerakkan jari-jari tersebut keluar dari bawah dagu Anda dengan sikap acuh tak acuh.

chin flick
The ‘chin flick’

Kapan Melakukannya: Saat Anda ingin menunjukkan bahwa Anda tidak peduli tentang sesuatu yang baru saja dilakukan atau diucapkan. Gerakan ini menunjukkan sikap acuh tak acuh terhadap masalah yang sebaliknya relevan.

Apa yang Dikatakan: Chissene frega!/Chissene importa (“Siapa peduli? Saya tidak peduli sama sekali”), Fatti tuoi! (“Bukan urusan saya!”)

Asal-Usul: Anda pada dasarnya sedang menggaruk dagu Anda, oleh karena itu Anda sepenuhnya acuh tak acuh terhadap sesuatu yang memerlukan perhatian Anda.

3. Gerakan “tanduk”

Sementara di budaya lain ini bukanlah gerakan kasar dan biasanya berarti “rock and roll”, di Italia ini bisa dianggap kasar dan memiliki dua makna yang sangat berbeda:

  • Gerakan supertisi, mirip dengan “jari silang” untuk mengusir sial;
  • Gerakan kasar untuk mengatakan seseorang adalah cornuto (“bertanduk”) yang dalam bahasa Italia mengacu pada seseorang yang pasangannya tidak setia.

Cara Melakukannya: Regangkan jari telunjuk dan kelingking Anda untuk terlihat seperti tanduk.

italian horns sign
The ‘horns’

Kapan Melakukannya: Saat seseorang membawa sial atau saat Anda percaya bahwa sesuatu yang buruk mungkin akan terjadi.

Apa yang Dikatakan: Facciamo le corna (“Mari kita membuat tanduk”), Tiè/Toh! (“Terimalah [sial]!”)

Asal-Usul: Beberapa sumber setuju bahwa tanduk pada dasarnya mengarah ke arah sial dengan cara yang sama seperti hewan menyerang sesuatu dengan tanduknya.

2. Gerakan “keluar”

Cara Melakukannya: Ratakan semua jari kecuali ibu jari, pertahankan pergelangan tangan Anda tetap stabil dan gerakkan tangan Anda yang lain naik dan turun setidaknya 3 kali (itu harus menjadi gerakan 90 derajat). Namun, berhati-hatilah: jika dilakukan dengan sangat energetik dan disertai dengan wajah marah, gerakan ini bisa dianggap kasar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tangan lain untuk mengetuk tangan dengan empat jari yang rata atau Anda dapat mengangkat seluruh lengan sambil tetap menjaga empat jari tetap rata. Variasi-variasi ini memperkuat gerakan bahkan lebih lanjut, tetapi bisa dianggap kasar.

get out sign
The ‘let’s get out of here’ gesture

Kapan Melakukannya: Saat Anda ingin seseorang meninggalkan Anda sendiri, keluar dari jalan, atau Anda hanya ingin meminta seorang teman pergi bersama Anda. Sering digunakan oleh pengemudi untuk meminta mobil lain bergerak dari jalannya.

Apa yang Dikatakan: Andiamocene/Andiamo (“Ayo pergi”, “Ayo keluar dari sini”), Vattene/Fuori dai piedi (“Pergi”, “Pergilah”), Levati/Spostati (“Pindah”, “Keluar dari jalan”)

Asal-Usul: Ini melambangkan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.

1. Gerakan “dompet jari/jari terjepit”

Tak diragukan lagi, yang paling terkenal di seluruh dunia dan mungkin juga yang paling sering digunakan di Italia. Ini menjadi meme dan juga emoji untuk pada dasarnya melambangkan seluruh negara.

Cara Melakukannya: Regangkan jari-jari Anda dan kumpulkan mereka untuk membentuk kerucut pinus, kemudian gerakkan tangan Anda naik dan turun.

finger purse
The ‘finger purse’ gesture

Kapan Melakukannya: Saat orang yang Anda ajak bicara mengatakan sesuatu yang bodoh atau meminta Anda melakukan sesuatu yang bodoh atau berbahaya.

Apa yang Dikatakan: Ma cosa stai dicendo? (“Apa yang kamu bicarakan?”), Ma cosa vuoi [dari saya]? (“Apa yang kamu inginkan [dari saya]?”), Dici sul serio? (“Apa kamu serius?”) dan sebenarnya banyak lagi.

Asal-Usul: Tidak ada yang tahu, tetapi teori paling umum adalah bahwa tangan mencoba untuk mengambil sesuatu tetapi gagal melakukannya. Ini melambangkan seseorang yang mencoba untuk memahami makna tetapi tidak bisa.

Mengapa Orang Italia Berbicara dengan Tangan Mereka?

Tampaknya orang Italia mulai ‘berbicara dengan tangan’ selama periode pendudukan asing yang terjadi setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi. Beberapa kelompok (Visigoth, Ostrogoth, Norman, Perancis, Spanyol, dan Austria, untuk menyebut beberapa) yang tidak berbicara dalam bahasa yang sama datang ke semenanjung Italia dan orang Italia perlu berimprovisasi untuk berkomunikasi. Itulah bagaimana gerakan tangan Italia ikonik mulai muncul.

Selebihnya adalah sejarah.


Dari 0 hingga Bisa Berbicara dalam Bahasa Italia

Sekarang bahwa Anda lancar dalam gerakan tangan Italia, Anda bisa naik level ke kata-kata dan frasa. Va bene?

Dapatkan aplikasi pembelajaran bahasa pemenang penghargaan Mondly, dan Anda akan mulai berbicara dalam bahasa Italia sejak hari pertama.

Berbicara bahasa Italia dengan lancar bisa menjadi hal yang sulit jika Anda tidak tinggal di Italia. Tetapi dengan Mondly, Anda akan memiliki akses ke metode pembelajaran yang sangat efisien yang memungkinkan Anda belajar bahasa Italia secara alami dengan:

  • topik-topik praktis,
  • pelajaran bahasa interaktif yang langsung terapan,
  • percakapan dalam kehidupan nyata,
  • … dan banyak lagi.

Mulailah menggunakan Mondly secara gratis di komputer Anda atau unduh aplikasinya dan belajar bahasa Italia kapan saja, di mana saja.

Anonymous's Gravatar

Patrik R

Spesialis SEO dan pecandu pemasaran yang ingin semuanya dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related articles