Cara Mengucapkan Selamat Natal dalam 21 Bahasa Berbeda

Bagaimana Santa bisa tahu begitu banyak bahasa? 🎅 Mari kita temukan rahasianya.

Cara Mengucapkan Selamat Natal dalam 21 Bahasa Berbeda

Ketika liburan musim dingin semakin dekat, kita semakin banyak memikirkan tentang Natal, menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, Santa Claus yang murah hati dan semua hadiah indah yang akan ia bawa. Ini adalah perasaan yang tidak ada duanya di dunia – perasaan Natal. Dan itu tidak akan sama tanpa lagu-lagu Natal yang beberapa dari kita nikmati sepanjang bulan, sweater Natal jelek yang biasa ayah pakai dan maraton film Natal yang membuat kita mengantuk di malam Natal. 

Dan di saat-saat penuh kegembiraan, keajaiban, dan perayaan ini, kita sering membuka hati kita lebih lebar dan menemukan waktu untuk terhubung kembali dengan semua teman kita di seluruh dunia. Inilah mengapa saya pikir saya harus membantu Anda belajar cara mengucapkan “Selamat Natal” dalam 21 bahasa yang berbeda: dari “Selamat Natal” dalam bahasa Spanyol (Feliz Navidad) hingga “Selamat Natal” dalam bahasa Prancis (Joyeux Noël) dan “Selamat Natal” dalam bahasa Jerman (Frohe Weihnachten). 

Kirimkan mereka pesan singkat, tulis e-mail panjang yang sentimental, atau tag mereka dalam tweet singkat. Tidak peduli pilihan Anda, sebarkan sedikit cinta di Natal ini dan pastikan Anda memberi tahu teman-teman Anda di luar negeri bahwa Anda memikirkan mereka. Hanya sebuah “Selamat Natal” dalam bahasa ibu mereka sudah cukup. Jadi inilah cara mengucapkan “Selamat Natal” dalam 21 bahasa yang berbeda. 

Selamat Natal di Seluruh Dunia 

  • Spanyol – ¡Feliz Navidad! 
  • Prancis – Joyeux Noël! 
  • Jerman – Frohe Weihnachten! 
  • Italia – Buon Natale! 
  • Portugis – Feliz Natal! 
  • Rumania – Crăciun Fericit! 
  • Rusia – Счастливого Рождества! (Schastlivogo Rozhdestva!) 
  • Swedia – God Jul! 
  • Norwegia – God Jul! 
  • Denmark – Glædelig Jul! 
  • Finlandia – Hyvää Joulua! 
  • Islandia – Gleðileg Jól! 
  • Polandia – Wesołych Świąt! 
  • Belanda – Vrolijk Kerstfeest! 
  • Kroasia – Sretan Božić! 
  • Ceko – Veselé Vánoce! 
  • Jepang – メリークリスマス! (Merīkurisumasu!) 
  • Cina – 圣诞节快乐! (Shèngdàn jié kuàilè!) 
  • Korea – 메리 크리스마스! (Meli Keuliseumaseu!) 
  • Latin – Felicem Natalem Christi! 
  • Irlandia – Nollaig Shona! 

Sekarang, mari kita masuk ke detail lebih lanjut untuk memastikan kita mengetahui semua kekhususan cara mengucapkan ‘Selamat Natal’ dalam semua bahasa ini. 

Spanyol – ¡Feliz Navidad! 

¡Feliz Navidad, próspero año y felicidad! (“Selamat Natal, tahun yang makmur dan kebahagiaan!”). 

Ini terdengar familiar, bukan? Itu karena ini adalah salah satu lagu Natal paling populer dalam bahasa Spanyol. Jadi, jika Anda pernah mendengarnya, Anda mungkin sudah tahu bahwa ¡Feliz Navidad! adalah “Selamat Natal” dalam bahasa Spanyol. 

Prancis – Joyeux Noël! 

Ingin melihat apa itu keajaiban dan keajaiban Natal yang sebenarnya? Tambahkan film dengan nama yang sama – Joyeux Noël – ke dalam daftar film Natal Anda dan berterima kasihlah kepada saya nanti. Saya janji itu tidak akan norak. Malah sebaliknya! 

Jerman – Frohe Weihnachten! 

Tidak ada yang bisa menandingi kehangatan dan keajaiban pasar Natal Jerman. Jika Anda belum pernah ke salah satunya, Anda harus mencoba pergi tahun ini. Weihnachten (Natal) sungguh lezat di Jerman! 

Italia – Buon Natale! 

Terkenal dengan bellezza dan pantai yang luar biasa indahnya, Italia juga merupakan rumah dari tradisi Natal yang sangat religius. Salah satu perayaan Natal Italia yang paling penting adalah memiliki presepi (tempat kelahiran) di mana-mana. 

Portugis – Feliz Natal! 

Sementara di Portugal Santa Claus dikenal sebagai Pai Natal (“Bapak Natal”), di Brasil orang-orang menyebutnya Papai Noel atau Bom Velhinho (“Orang Tua yang Baik”). Berbeda dengan banyak negara di Eropa di mana Santa meninggalkan hadiah di bawah pohon Natal, di Brasil anak-anak meninggalkan kaus kaki dekat jendela dengan harapan Papai Noel akan menemukannya dan menukarnya dengan hadiah. 

merry christmas in french
“The present we all need” by Jakob Owens©

Rumania – Crăciun Fericit! 

Tahukah Anda bahwa salah satu pasar Natal paling indah di Eropa berlangsung di Sibiu? Rasanya seperti Santa telah menaburkan debu ajaib di seluruh tempat. Pemandangannya sangat indah! 

Rusia – Счастливого Рождества! (Schastlivogo Rozhdestva!) 

Sementara sebagian besar negara merayakan Natal pada tanggal 25 Desember, Rusia merayakannya pada tanggal 7 Januari karena Gereja Ortodoks Rusia menggunakan “Kalender lama” atau kalender Julian. Dan tanggal 25 Desember dalam kalender Julian bertepatan dengan tanggal 7 Januari dalam kalender Gregorian. 

Swedia – God Jul! 

Tidak ada yang menggambarkan fika Swedia seperti brunch dengan teman pada Hari Natal. Atau setidaknya begitulah yang kita, sebagai nonlokal, bayangkan. Pada kenyataannya, di Malam Natal, orang Swedia memiliki pesta lengkap yang disebut julbord dengan berbagai jenis ikan dingin, julskinka (sejenis ham Natal), salad, keju, bakso, prinskorv (sosis Swedia), kaki babi jeli, revbenspjäll (iga babi panggang) dan banyak lainnya. Mmm… Terdengar lezat! 

Norwegia – God Jul! 

Natal tidak dirayakan di Norwegia hingga abad ke-XI ketika Kekristenan pertama kali datang ke daerah itu. Namun hari ini, anak-anak di Norwegia sabar menunggu Julenissen (Santa Claus) setiap tahun di bulan Desember. 

Namun, tradisi Natal Norwegia yang paling indah tetaplah Pohon Natal yang diberikan Norwegia kepada Inggris setiap tahun sebagai “terima kasih” atas bantuan yang diberikan Inggris kepada Norwegia selama Perang Dunia II. 

Denmark – Glædelig Jul! 

Di Denmark, dikatakan bahwa Julemanden (“Pria Natal” atau “Pria Yule”) membawa hadiah untuk anak-anak yang baik selama tahun itu. Julemanden sangat mirip dengan Santa Claus, tinggal di Greenland, juga bepergian dengan kereta luncur yang ditarik rusa, dan menyukai puding beras. 

Finlandia – Hyvää Joulua! 

Anda mungkin berpikir inilah tempat semua keajaiban terjadi mengingat fakta bahwa semua orang percaya Santa tinggal di Lapland, wilayah paling utara Finlandia. Tapi tunggu hingga Anda mendengar ini. 

Di Finlandia, Santa juga dikenal sebagai Joulupukki – berarti “Kambing Natal”. Tradisionalnya, bertahun-tahun yang lalu, ada Kambing Yule yang menakutkan yang meminta orang untuk memberikan hadiah. Tapi seiring waktu, kambing itu berubah menjadi karakter yang baik dan kemudian Santa mengambil alih tanggung jawabnya. Namun, nama “Kambing Natal” tetap ada. 

merry christmas in german
“Christmas home” by Євгенія Височина©

Islandia – Gleðileg Jól! 

Jól (“Yule” atau “Natal”) di Islandia juga termasuk perayaan Tahun Baru. 

Semuanya dimulai pada tanggal 23 Desember dengan Þorláksmessa atau Hari St. Thorlakur, saat orang-orang makan makanan sederhana berupa skata atau ikan pari dan menghias pohon Natal. Kemudian berlanjut dengan Aðfangadagur (Malam Natal atau Malam Jól), Jóladagur (Hari Natal atau Hari Jól) ketika keluarga besar berkumpul dan makan Hangikjöt (kaki domba panggang), Annar Jóladagur (Hari Perayaan Natal) dengan lebih banyak kunjungan dan makan, Gamlárskvöld / Nýársdagur (Malam Tahun Baru / Hari Tahun Baru) dan – akhirnya – Þrettándinn (Epifani) yang berlangsung pada tanggal 6 Januari. 

Saya tidak tahu tentang Anda, tapi saya pikir saya akan pindah ke Islandia karena Natal terdengar sangat menyenangkan di sana! 

Polandia – Wesołych Świąt! 

Polandia adalah negara yang mayoritas Katolik dan Malam Natal merupakan hari yang sangat penting dan, di atas segalanya, sibuk karena orang-orang membersihkan rumah mereka dan memasak banyak makanan untuk hari-hari perayaan yang akan datang. Tradisionalnya, Malam Natal dianggap sebagai hari berpuasa dan pantang dan daging baru diizinkan untuk dimakan pada Hari Natal. 

Untuk mengucapkan “Selamat Natal” dalam bahasa Polandia, Anda bisa mengatakan “Wesołych Świąt!”. 

Belanda – Vrolijk Kerstfeest! 

Tradisi Belanda mengatakan bahwa Sinterklaas (atau Sint-Nicolaas) tinggal di Spanyol dan setiap tahun, pada tanggal 5 Desember (Malam St. Nicholas), dia tiba di pelabuhan yang berbeda di Belanda sehingga banyak anak-anak yang bisa melihatnya. 

Namun, perayaan Natal Belanda terpisah dari kunjungan Sinterklaas. Pada Malam Natal, Kerstman (“Pria Natal”) datang dari Lapland untuk membawa lebih banyak hadiah lagi (anak-anak Belanda paling beruntung!). Kemudian, pada Hari Natal, perayaan berlanjut dengan Ibadah Gereja dan makan malam keluarga. 

Kroasia – Sretan Božić! 

Di kerajaan Khaleesi, orang-orang merayakan Natal dengan berpuasa sebelumnya (sama seperti di negara Katolik lainnya yang besar), pergi ke Misa Malam dan makan banyak makanan enak selama Hari Natal. Jadi tidak ada tanda-tanda naga! 

merry christmas in italian
“Christmas lights” by T. Rampersad©

Ceko – Veselé Vánoce! 

Tradisi Ceko mengatakan bahwa Ježíšek atau “Yesus Kecil” (Kristkind Ceko) membawa hadiah saat anak-anak menikmati makan malam Malam Natal dan meninggalkannya di bawah Pohon Natal. 

Jepang – メリークリスマス!(Merīkurisumasu!) 

Di Jepang, yang kebanyakan beragama Buddha dan Shinto, Natal bukanlah hari libur tradisional. Namun, seperti hari libur dan tradisi Barat lainnya, Natal menjadi semakin populer di Jepang sejak Perang Dunia II. Perbedaannya adalah Natal di sini dianggap sebagai kesempatan romantis bagi pasangan. Mereka juga merayakan Thanksgiving. Sesuai, lagu Natal Jepang yang paling terkenal adalah “Christmas Eve” oleh Tatsuro Yamashita, yang menceritakan tentang kekasih yang tidak bisa bertemu pada Malam Natal. 

Jika Anda ingin mengucapkan “Selamat Natal” dalam bahasa Jepang, Anda dapat menggunakan frasa “Merīkurisumasu!” yang merupakan transliterasi atau adaptasi dari frasa bahasa Inggris “Merry Christmas”. 

Latin – Felicem Natalem Christi! 

Untuk mengucapkan “Selamat Natal” dalam bahasa Latin, Anda dapat menggunakan frasa “Felicem Natalem Christi”. Ekspresi ini berasal dari kata-kata Latin “felicem”, yang berarti ‘bahagia’ atau ‘gembira’; “natalem”, yang berarti ‘ulang tahun’ atau ‘kelahiran’; dan “Christi”, yang merupakan bentuk genitif dari “Christus”, berarti Kristus. Oleh karena itu, Felicem Natalem Christi dapat diterjemahkan sebagai “selamat hari lahir Kristus” atau “kelahiran Kristus yang gembira” merujuk pada kelahiran Yesus Kristus. 

Cina – 圣诞节快乐! (Shèngdàn jié kuàilè!) 

Di Cina, Natal biasanya tidak dirayakan dalam arti religius, tetapi orang-orang menikmati hari libur untuk aspek komersialnya, seperti diskon toko. Ini menjadi semakin populer, terutama di kalangan anak muda, yang mungkin terpapar Natal melalui pendidikan bahasa Inggris dan media Barat. Untuk mengucapkan “Selamat Natal” dalam bahasa Cina, Anda dapat menggunakan frasa 圣诞节快乐 (Shèngdàn jié kuàilè). 

Korea – 메리 크리스마스! (Meli Keuliseumaseu!) 

Di Korea, sekitar 30% penduduknya adalah Kristen, sehingga banyak orang yang menghadiri gereja pada hari Natal. Setelah itu, mereka menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga mereka atau pergi berbelanja. 

Tradisi lain adalah “Seribu Empat Malaikat Santa” atau 1004 (천사)명의 산타 (cheonsamyeong-ui santa), yang merupakan kelompok orang yang menghabiskan liburan dengan menawarkan hadiah kepada anak yatim dan makanan kepada orang tua. 

“Selamat Natal” dalam tulisan Korea tampak seperti ini: 메리 크리스마스. 

Irlandia – Nollaig Shona! 

Sama seperti di tempat lain, di Irlandia, Natal adalah waktu untuk merayakan dengan keluarga dan teman-teman. Banyak orang menghadiri layanan gereja dan merayakan hari libur dengan makanan dan kegiatan tradisional. Malam Natal biasanya merupakan waktu untuk berkunjung dengan teman, sementara Hari Natal dihabiskan di rumah bersama keluarga. Tradisi populer termasuk menghias pohon Natal, menyanyikan lagu-lagu Natal, dan bertukar hadiah. 

“Selamat Natal” dalam bahasa Irlandia adalah Nollaig Shona dan ini diterjemahkan menjadi “Selamat Natal untuk Anda”, bukan sekadar “Selamat Xmas”. 

Bonus: Cara mengucapkan Selamat Natal dalam 100 bahasa lainnya 

LanguageHow to say "Merry Christmas"
AfrikaansGeseënde Kersfees
Akan (Ghana)Afehyia Pa
AlbanianGëzuar Krishtlindjet
AmharicMelkam Gena
Arabicعيد ميلاد مجيد (Eid Milad Majid)
ArmenianShnorhavor Surb Tsnund
Assamese (India)শুভ বড়দিন (Shubh Bôṛôdin)
AzerbaijaniMilad Bayramınız mübarək
BasqueEguberri on
BelarusianЗ Калядамі (Z Kaliadami)
Bengaliশুভ বড়দিন (Shubho Borodin)
BosnianSretan Božić
Breton (France)Nedeleg laouen
BulgarianВесела Коледа (Vesela Koleda)
BurmeseKrismas nay hma mue pyaw pa
CatalanBon Nadal
ChichewaMoni Wa Chikondwelero Cha Xmas
Cornish (England)Nadelik Lowen
Cree (Canada)Mitho Makosi Kesikansi
Dzongkha (Bhutan)༼ལོ་གསར་ལ་བཀྲ་ཤིས་བདེ་ལེགས་ཞུ།༽ (Losar La Bkra Shis Bde Legs Zhu)
EsperantoFeliĉan Kristnaskon
EstonianHäid jõule
Fijian (Fiji)Me Nomuni na marau ni siga ni sucu
FilipinoMaligayang Pasko
Frisian (Netherlands/Germany)Noflike Krystdagen
GalicianBo Nadal
GeorgianGilotsavt Shobas
GreekΚαλά Χριστούγεννα (Kala Christougena)
Greenlandic (Greenland)Juullimi Pilluarit
Guarani (Paraguay)Avyaitéte Ko Tupa Ray Ara
Gujaratiઆનંદી નાતાલ (Anandi Natal)
Haitian CreoleJwaye Nwèl
HausaBarka da Kirsimat
HawaiianMele Kalikimaka
Hebrewחג מולד שמח (Chag Molad Sameach)
Hindiक्रिसमस की शुभकामनाएँ (Krismas ki shubhkaamnaayein)
HungarianBoldog Karácsonyt
IgboEkeresimesi Oma
IndonesianSelamat Natal
Inuktitut (Canada)Quviasummi Quviasuqatigiittut
KazakhРождество құтты болсын (Rojdestvo qutty bolsyn)
Khmerរីករាយ បុណ្យណូអែល (Rikreay bon Noel)
Kinyarwanda (Rwanda)Noheli Nziza
KurdishKirîsmes pîroz be
Kyrgyz (Kyrgyzstan)Рождествоңуздар менен (Rojdestvoñuzdar menen)
LaoSok Di Pi Mai
LatvianPriecīgus Ziemassvētkus
Lingala (Congo)Mbotama Malamu
LithuanianLinksmų Kalėdų
LuxembourgishSchéi Chrëschtdeeg
MacedonianСреќен Божиќ (Srećen Božić)
MalagasyMirary Krismasy
MalaySelamat Hari Natal
Malayalamക്രിസ്മസ് ആശംസകൾ (Krismas āśaṁsakaḷ)
Maltese (Malta)Il-Milied it-Tajjeb
MalteseIl-Milied it-Tajjeb
Manx (Isle of Man)Nollick Ghennal
Māori (New Zealand)Meri Kirihimete
MaoriMeri Kirihimete
Marathiशुभ नाताळ (Shubh Natal)
MongolianЗул сарын мэнд хүргэе (Zul sarin mend khürgee)
Nahuatl (Mexico)Cualli netlācatilizpan
Navajo (USA)Ya'at'eeh Keshmish
Nepaliक्रिसमसको शुभकामना (Krismasko Shubhakamana)
Occitan (France/Spain/Italy)Bon Nadal
Oriyaସୁଖସମୃଦ୍ଧି ବଡ଼ଦିନ (Sukhasamriddhi Baradina)
Pashtoکرسمس مو مبارک شه (Krismas mo mubarak sha)
Persianکریسمس مبارک (Christmas Mobarak)
Punjabiਕ੍ਰਿਸਮਸ ਮੁਬਾਰਕ (Krismas mubārak)
Quechua (South America)Sumaj kausay kachun Navidad ch'sisipi
Sámi (Northern Europe)Buorrit Juovllat
SamoanManuia le Kirisimasi
Sanskrit (India)क्रिसमसस्य शुभाशयाः (Krismasasya śubhāśayāḥ)
Scottish Gaelic (Scotland)Nollaig Chridheil
SerbianСрећан Божић (Srećan Božić)
Sesotho (Lesotho/South Africa)Keresemese e monate
Shona (Zimbabwe)Krisimasi yakanaka
Sindhi (Pakistan/India)ڪرسمس جون واڌايون (Karisamas jūn vāḍāiyūn)
Sinhalaසුබ නත්තලක් (Suba nattalak)
SlovakVeselé Vianoce
SlovenianVesel Božič
SomaliKirismas Wacan
SwahiliKrismasi Njema
Tagalog (Philippines)Maligayang Pasko
Tajik (Tajikistan)Рӯзи милод муборак (Rūzi milod muborak)
Tamilகிறிஸ்துமஸ் வாழ்த்துக்கள் (Kiristumas Vāḻttukkaḷ)
Tatar (Russia)Раштуа белән (Raştua belän)
Teluguక్రిస్మస్ శుభాకాంక్షలు (Krismas Śubhākāṅkṣalu)
Thaiสุขสันต์วันคริสต์มาส (Suk san wan Christmas)
Tigrinya (Eritrea/Ethiopia)ርሑስ በዓል ልደት (Rhus be'al lidet)
Tonga (Zambia/Zimbabwe)Kilisimasi fiefia
TurkishMutlu Noeller
UkrainianВеселого Різдва (Veseloho Rizdva)
Urduکرسمس مبارک (Krismas Mubarak)
UzbekRojdestvo bayramingiz bilan
VietnameseChúc Mừng Giáng Sinh
WelshNadolig Llawen
Wolof (Senegal)Noelin wu mbëggeel
Yiddishאַ פֿריילעכן ניטל (A freylekhn nitl)
ZuluUKhisimusi omuhle
 

Inilah cara Anda mengucapkan “Selamat Natal” dalam lebih dari 100 bahasa. Namun, berhati-hatilah. Meskipun Natal mungkin merupakan perayaan yang disukai banyak orang, tidak semua orang memiliki antusiasme yang sama untuk musim liburan. Sangat penting untuk memperhatikan perspektif dan latar belakang budaya yang beragam, karena beberapa orang mungkin tidak merayakan Natal atau mungkin memiliki tradisi yang berbeda selama waktu tahun ini. Menghormati dan mengakui perbedaan ini mendorong inklusivitas dan memastikan bahwa semangat hari libur dibagikan dengan pemahaman dan pertimbangan untuk keyakinan dan adat istiadat semua orang. 


Bagaimana Santa bisa tahu begitu banyak bahasa? Ini adalah rahasianya.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Santa bisa tahu begitu banyak bahasa?‌ Nah, tampaknya rahasia terjaga yang selama ini dipegang Santa akhirnya terungkap oleh para elf.

Mereka mengatakan bahwa selama sebelas bulan lainnya dalam setahun, saat Santa membuat mainan untuk anak-anak di seluruh dunia, ia juga menggunakan penemuan luar biasa ini yang bernama Mondly untuk belajar bahasa. Selama bertahun-tahun, ia semakin mahir dan kini hampir menguasai semua 33 bahasa yang tersedia dalam alat luar biasa ini.

Lebih lanjut, para elf mengatakan bahwa Santa suka belajar bahasa dengan Mondly karena “semudah bermain permainan!” – kata Santa. Hanya dengan 5 menit sehari, sebelum tidur, Santa berlatih bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, dan banyak lagi dengan topik praktis dan percakapan otentik yang direkam oleh pengisi suara yang fasih sehingga ia dapat mengatasi situasi sehari-hari.

Santa menggeser ke atas dan ke bawah, memilih jawaban yang benar, menyusun huruf menjadi kata dan kata menjadi kalimat, menggunakan suaranya untuk mengulangi pengucapan kata-kata tertentu dengan benar dan mendapatkan poin untuk setiap pelajaran yang diselesaikan. Para elf juga mengatakan bahwa mereka bahkan dapat mendengarnya berkata, “Ho ho ho” ketika ia naik level. Begitulah besarnya cintanya pada Mondly!

Jadi, keajaiban Natal itu nyata: Anda sekarang bisa belajar bahasa baru lebih cepat daripada kereta luncur Santa! Gunakan saja Mondly, rahasia Santa untuk berbicara bahasa dengan cepat.

Apakah Anda ingin belajar bahasa secepat Santa Claus?

Anonymous's Gravatar

Patrik R

Spesialis SEO dan pecandu pemasaran yang ingin semuanya dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related articles