Menghitung dalam Bahasa Jepang – Panduan Lengkap tentang Angka-Angka Jepang

Angka dalam bahasa Jepang sebenarnya mudah dikuasai setelah Anda memahami dasarnya. Mari kita mempelajari cara menghitung dalam bahasa Jepang.

Menghitung dalam Bahasa Jepang – Panduan Lengkap tentang Angka-Angka Jepang

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Jepang adalah bahasa yang sangat kompleks dan indah. Sebenarnya, bahasa Jepang begitu kompleks sehingga seorang penutur asli bahasa Inggris membutuhkan sekitar 2200 jam belajar untuk mencapai kefasihan dalam bahasa Jepang. Jadi belajar bahasa Jepang tentu bisa dianggap sebagai salah satu prestasi terbesar dalam kehidupan seseorang. Namun, bukan berarti belajar bahasa Jepang mustahil. Tidak sama sekali! Kita sudah membahas dan menjelaskan tentang alfabet Jepang dan sistem penulisan Jepang. Sekarang, angka-angka dalam bahasa Jepang sangat mudah.

Tidak, sungguh! Sesulit yang mereka terlihat sekarang ketika Anda belum mengerti logika di baliknya, angka-angka dalam bahasa Jepang sebenarnya mudah dikuasai setelah Anda memahami dasarnya. Jadi mari kita mulai dan pelajari cara menghitung dalam bahasa Jepang.

Angka dalam bahasa Jepang dan cara menghitung dalam bahasa Jepang – sekilas

Sebelum mempelajari seni menghitung dalam bahasa Jepang, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, orang di Jepang tidak selalu menggunakan angka-angka dalam bahasa Jepang. Seperti halnya di seluruh dunia, mereka juga banyak menggunakan angka Arab dalam penulisan (untungnya bagi kita, pelajar Jepang!). Namun, itu bukan berarti Anda tidak perlu mempelajari sistem angka dalam bahasa Jepang. Ada konteks – seperti upacara tradisional – di mana orang masih menggunakan angka-angka kanji Jepang.

Kedua, sistem angka dalam bahasa Jepang didasarkan pada dua set pengucapan (atau bacaan): bacaan Sino-Jepang (on’yomi atau “Bacaan On”) yang didasarkan pada angka China, dan bacaan Asli Jepang (kun’yomi atau “Bacaan Kun”) yang didasarkan pada kata-kata asli Jepang (yamato kotoba).

Karena bacaan Asli Jepang hanya digunakan hingga angka 10, bacaan Sino-Jepang adalah yang akan lebih sering Anda gunakan. Namun, sekarang datang bagian sulitnya karena bacaan Sino-Jepang (ichi, ni, san atau “satu, dua, tiga” seperti yang kita katakan dalam bahasa Inggris) menggunakan penghitung. Kita akan membahas lebih lanjut tentang penghitung dalam sebentar, tetapi yang perlu Anda ketahui sekarang adalah penghitung menentukan jenis objek yang Anda hitung dalam bahasa Jepang. Ada objek panjang, hewan, objek kecil, mesin, dan sebagainya.

Kembali ke bacaan Asli Jepang, perlu kami sebutkan bahwa bacaan ini (yang – ingat – umumnya hanya digunakan hingga angka 10) tidak memerlukan penghitung – (yey!). Jadi bacaan ini dianggap sebagai penghitung universal yang dapat Anda gunakan untuk menghitung segala sesuatu dalam bahasa Jepang kecuali orang, uang, dan waktu.

Untuk mengidentifikasi jenis angka Jepang yang digunakan dalam teks tertulis, ingatlah bahwa angka-angka Asli Jepang semuanya diakhiri dengan つ (tsu) – kecuali untuk angka 10, yang menjadi とう (tou).

Setelah dikatakan demikian, sekarang Anda siap belajar cara menghitung hingga angka 10 dalam bahasa Jepang!

NumberSino-Japanese readingKanjiNative Japanese readingKanji
1いち (ichi)ひとつ (hitotsu)一つ
2に (ni)ふたつ (futatsu)二つ
3さん (san)みっつ (mittsu)三つ
4し、よん (shi, yon)よっつ (yottsu)四つ
5ご (go)いつつ (itsutsu)五つ
6ろく (roku)むっつ (muttsu)六つ
7しち、なな (shichi, nana)ななつ (nanatsu)七つ
8はち (hachi)やっつ (yattsu)八つ
9く、きゅう (ku, kyuu)ここのつ (kokonotsu)九つ
10じゅう (juu)とう (tou)
0れい、ゼロ、マル (rei, zero, maru)
Numbers in Japanese 1-10

Dan inilah cara menghitung hingga angka 10 dalam bahasa Jepang menggunakan bacaan Sino-Jepang dan bacaan Asli Jepang. Jika Anda perlu mendengar pengucapan yang tepat untuk angka 1 hingga 10 dalam bahasa Jepang, Anda dapat memutar video singkat ini:

Apakah itu tidak sulit, bukan? Selain itu, jika Anda belajar menghitung hingga 10, menghitung hingga 100 akan menjadi sangat mudah! Lebih mudah dari yang Anda kira! Tunggu dan lihat saja.

Angka sial dalam bahasa Jepang yang sebaiknya dihindari

Sekarang, beberapa catatan tentang “1 hingga 10 dalam bahasa Jepang” yang dasar. Anda mungkin sudah memperhatikan bahwa angka 4, 7, dan 9 memiliki dua bacaan yang berbeda. Seperti halnya kita, di dunia Barat, menganggap angka 13 membawa sial, orang Jepang menganggap angka 4 dan 9 sebagai angka sial karena し (shi – 4) dan く (ku – 9) memiliki bunyi yang sama dengan kata “kematian” (死, shi) dan “penderitaan, kesakitan, atau siksaan” (苦, ku). Oleh karena itu, orang Jepang menghindari penggunaan angka-angka sial ini sebisa mungkin. Jika Anda pernah pergi ke Jepang, perhatikan dengan seksama harga-harga. Kemungkinan besar Anda tidak akan melihat harga-harga seperti 9.99 atau 4.99 di mana pun.

Di sisi lain, meskipun angka 7 dianggap sebagai angka keberuntungan di Jepang, bacaannya – しち (shichi) – juga mengandung suku kata Jepang し (shi), jadi lebih umum untuk mengucapkan bacaan lainnya: なな (nana).

Angka nol dalam bahasa Jepang

Untuk angka nol dalam bahasa Jepang, kanji yang digunakan adalah 零 (rei). Namun, lebih umum untuk menggunakan dan mengucapkan “zero” seperti yang kita ucapkan dalam bahasa Inggris: ゼロ (zero). Atau マル (maru) yang berarti “lingkaran” dan digunakan seperti kita mengucapkan “oh” daripada “zero” dalam bahasa Inggris saat membaca digit angka secara individu.

Contoh populer di mana orang Jepang menggunakan bacaan マル (maru) adalah toko 109 di Tokyo. Alih-alih mengatakan ひゃくきゅう dalam hiragana atau 百九 dalam kanji (hyakukyuu), mereka mengatakan 一〇九 (ichi maru kyu).

Menguasai angka Jepang yang lebih besar: menghitung hingga 100 dalam bahasa Jepang

Untuk membantu Anda belajar angka Jepang hingga 100 dengan lebih cepat, kami telah membuat tabel ini yang mencakup kanji dan hiragana. Selain itu, kami juga menambahkan tulisan romaji sehingga Anda akan tahu bagaimana mengucapkan setiap angka meskipun Anda tidak terbiasa dengan sistem tulisan Jepang. Dengan kata lain, tabel ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk belajar menghitung hingga 100 dalam bahasa Jepang!

japanese numbers
How to count to 100 in Japanese

Bukankah angka-angka dalam bahasa Jepang menarik? Begitu Anda belajar cara menghitung hingga 10, menghitung hingga 100 hanya masalah menggabungkan dan menambahkan secara berulang. Berikut adalah beberapa contoh untuk membantu Anda memahami lebih baik proses menghitung hingga 100 dalam bahasa Jepang:

  • 11 adalah 十一 (juuichi) atau 10 (juu) + 1 (ichi);
  • mengikuti aturan yang sama persis, 12 adalah 十二 (juuni) atau 10 (juu) + 2 (ni).

Setelah Anda mengubah awalan, aturannya tetap sama. Yang perlu Anda lakukan adalah menghitung puluhan (dua puluh, tiga puluh, empat puluh, dan seterusnya) dan kemudian menambahkan angka berikutnya:

  • jika 20 adalah 二十 (nijuu) atau 2 (ni) puluh (juu), maka 21 adalah 二十一 (nijuuichi) atau 2 (ni) puluh (juu) + 1 (ichi);
  • jika 70 adalah 七十 (nanajuu) atau 7 (nana) puluh (juu), maka 76 adalah 七十六 (nanajuuroku) atau 7 (nana) puluh (juu) + 6 (roku);
  • kemudian 100 datang dengan kata baru: 百 (hyaku).

Angka Jepang hingga 10.000 dan seterusnya

Sekarang setelah Anda memahami aturan ajaib selalu menambah dan menambah untuk mendapatkan angka baru, mari kita lihat liga besar angka Jepang. Bagaimana cara melanjutkan setelah 100? Tetapi setelah 10.000?

NumberKanjiHiraganaRomaji
101百一ひゃくいちhyaku ichi
145百四十五ひゃくよん
じゅうご
hyaku yon-ju go
199百九十九ひゃくきゅう
じゅうきゅう
hyaku kyu-ju kyu
200二百にひゃくnihyaku
201二百一にひゃくいちnihyaku ichi
300三百さんびゃくsanbyaku
400四百よんひゃくyonhyaku
1,000せんsen
1,001千一せんいちsen ichi
10,000一万まんichiman
100,000十万じゅうまんjuuman
1 million百万ひゃくまんhyakuman
10 million千万せんまんsenman

Seperti yang Anda lihat, aturan yang kita pelajari untuk angka-angka Jepang hingga 100 masih berlaku. Untuk menghitung lebih dari 100 dalam bahasa Jepang, Anda hanya perlu terus menumpuk angka-angka. Kemudian, saat Anda mencapai 1.000, hyaku menjadi sen, dan seterusnya.

Mari kita lihat contoh yang lebih kompleks dan pastikan Anda memahami aturannya. Ambil angka 1289 sebagai contoh. Dalam kanji, itu ditulis sebagai 千二百八十九, dan dalam hiragana, ditulis sebagai せんにひゃくはちじゅうきゅう. Jadi, 1000 (sen) + 2 (ni) 100 (hyaku) + 8 (hachi) puluh (ju) + 9 (kyuu) adalah sen nihyaku hachijuu kyuu.

Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, lebih mudah membaca atau menulis angka Jepang menggunakan kanji karena hiragana bisa menjadi cukup panjang dengan angka seperti 1289. Namun, jangan lupa bahwa orang Jepang juga menggunakan angka Arab terutama ketika berurusan dengan angka yang lebih besar.

Apa itu penghitung dalam bahasa Jepang dan bagaimana cara menggunakannya?

Sekarang bahwa Anda tahu cara menghitung dalam bahasa Jepang, saatnya melangkah ke tingkat berikutnya dan mempelajari lebih lanjut tentang penghitung dalam bahasa Jepang. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, penghitung dalam bahasa Jepang adalah kata-kata spesifik yang perlu Anda tambahkan setelah angka ketika menghitung objek tertentu. Jika kita mentransfer penghitung dalam bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris, kita akan mengatakan “two pieces of pie” dan bukan “two pies”. Jadi kata “pieces” adalah penghitung dalam situasi ini. Jadi, tergantung pada objek yang Anda hitung, Anda perlu memilih kata penghitung yang sesuai.

Misalnya, untuk objek datar dan tipis, kata penghitung yang perlu Anda gunakan adalah まい (mai). Jadi, jika Anda ingin mengatakan “three shirts” dalam bahasa Jepang, Anda akan mengatakan シャツさんまい (shatsu san mai) – di mana shatsu berarti “shirts”, san adalah “three”, dan mai adalah kata penghitung.

7 penghitung dalam bahasa Jepang yang perlu Anda ketahui

Sebelum melihat daftar penghitung dalam bahasa Jepang yang paling umum, ada hal yang perlu Anda ketahui. Kami harap Anda tidak akan takut … berikut ini: ada lebih dari 500 penghitung dalam bahasa Jepang. Tetapi jangan putus asa! Untungnya, tidak semuanya sering digunakan. Jadi mari kita lihat penghitung yang mutlak diperlukan dalam interaksi dasar dalam bahasa Jepang.

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk satuan waktu

Untuk memastikan orang memahami bahwa Anda sedang berbicara tentang detik, menit, atau jam, Anda harus menggunakan penghitung dalam bahasa Jepang. Jadi Anda akan mengungkapkan detik dengan ~秒 (byou), menit dengan ~分 (fun atau pun), jam dengan ~時 (ji), bulan dengan ~月 (getsu), dan tahun dengan ~年 (nen).

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk orang

Jika Anda perlu menghitung orang dalam bahasa Jepang, Anda menggunakan penghitung ひとり (hitori) untuk satu orang, ふたり (futari) untuk dua orang, dan ~人 (nin) untuk tiga orang atau lebih.

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk objek panjang dan tipis

Objek panjang dan tipis seperti pensil, botol, sumpit, payung, sungai, rel kereta, atau jalan memiliki penghitung khusus dalam bahasa Jepang: ~本 (hon).

Saat menghitung objek panjang dan tipis ini dalam bahasa Jepang, semua angka diakhiri dengan -hon, kecuali angka 3 – yang diakhiri dengan -bon – dan angka 1, 6, 8, dan 10 yang diakhiri dengan -pon. Ini mungkin terasa sedikit membingungkan pada awalnya, tetapi berlatih akan membantu Anda menguasai pengecualian tersebut dengan lebih cepat.

japanese counters
“Meguro River in Japan” by Sora Sagano©

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk objek kecil dan bulat

Untuk menghitung objek kecil dan bulat seperti apel atau bola tenis, dalam bahasa Jepang Anda harus menggunakan penghitung ~個 (ko).

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk objek tipis dan datar

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, untuk menghitung objek tipis dan datar (seperti lembaran kertas, piring, atau artikel pakaian), dalam bahasa Jepang Anda perlu menggunakan penghitung まい (mai).

Penghitung dalam bahasa Jepang untuk hewan

Untuk hewan kecil seperti serangga, ikan, anjing, atau kucing, Anda perlu menggunakan penghitung ~匹 (hiki), dan untuk hewan yang lebih besar seperti gajah, penghitung ~頭 (tou) adalah yang Anda cari.

Penghitung Jepang untuk mobil, sepeda, dan perangkat mekanik lainnya

Jika Anda masih belum pusing, untuk menghitung mobil, mesin, dan berbagai peralatan rumah tangga, Anda perlu menggunakan penghitung ~台 (dai).

Belum siap untuk mempelajari penghitung Jepang? Maka cukup gunakan penghitung umum berdasarkan bacaan dalam bahasa Jepang (一つ hitotsu, 二つ futatsu, dan seterusnya). Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menghitung hampir semua jenis benda hingga sepuluh tanpa perlu khawatir salah dalam memilih penghitung.


Ingin belajar bahasa Jepang dengan Mondly hanya dalam 10 menit sehari?

Apakah Anda ingin melihat angka-angka dalam bahasa Jepang dalam tindakan dan mungkin bahkan belajar beberapa frasa Jepang? Nah, Anda beruntung! Karena dengan Mondly, cara tercepat untuk berbicara dalam berbagai bahasa, Anda dapat belajar bahasa Jepang secara alami dengan topik praktis dan percakapan asli dalam bahasa Jepang yang direkam oleh penutur asli.

Ingin lebih? Dengan Mondly, Anda akan mendapatkan lebih setiap hari! Pelajaran Harian Cepat. Hanya 5 menit sehari. Sangat menyenangkan, Anda akan menjadi ketagihan. Bagian terbaiknya? Anda akan berbicara bahasa Jepang seperti penutur asli dalam waktu singkat!

Mulailah menggunakan Mondly secara gratis di komputer atau tablet Anda, atau lebih baik lagi, unduh aplikasi Mondly di perangkat iOS atau Android Anda dan belajar bahasa Jepang dengan cepat kapan saja, di mana saja.

Apakah Anda ingin belajar bahasa Jepang dengan Mondly hanya dalam 10 menit sehari?

 

Anonymous's Gravatar

Patrik R

Spesialis SEO dan pecandu pemasaran yang ingin semuanya dioptimalkan.


Related articles